kecilkan semua  

Teks -- 2 Samuel 14:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Absalom kembali
14:1 Ketika Yoab, anak Zeruya, mengetahui, bahwa hati raja merindukan Absalom, 14:2 maka ia menyuruh orang ke Tekoa menjemput dari sana seorang perempuan yang bijaksana, lalu ia berkata kepada perempuan itu: "Berlakulah pura-pura berkabung, dan pakailah pakaian berkabung, janganlah berurap dengan minyak, dan berlakulah seperti seorang perempuan yang telah lama berkabung karena seorang mati. 14:3 Kemudian masuklah menghadap raja dan berbicaralah kepadanya seperti ini" -- lalu Yoab menaruh perkataannya ke dalam mulut perempuan itu. 14:4 Ketika perempuan Tekoa itu masuk menghadap raja, sujudlah ia dengan mukanya ke tanah dan menyembah, sambil berkata: "Tolonglah, ya tuanku raja!" 14:5 Raja bertanya kepadanya: "Ada apa?" Jawabnya: "Ah, aku ini seorang janda, sebab suamiku sudah mati. 14:6 Hambamu ini mempunyai dua orang anak laki-laki; mereka berkelahi di padang dan karena tidak ada yang memisahkan, maka yang satu memukul yang lain dan membunuh dia. 14:7 Dan sekarang seluruh kaum keluarga bangkit melawan hambamu ini, dan mereka berkata: Serahkanlah orang yang membunuh saudaranya itu, supaya kami menghukum dia mati ganti nyawa saudaranya yang telah dibunuhnya itu, dan supaya kami memunahkan juga ahli waris itu. Mereka hendak memunahkan keturunanku yang masih tersisa itu dengan tidak meninggalkan nama atau keturunan bagi suamiku di muka bumi." 14:8 Lalu berbicaralah raja kepada perempuan itu: "Pulanglah ke rumahmu, mengenai engkau akan kuberi perintah." 14:9 Perempuan Tekoa itu berkata kepada raja: "Aku dan keluargaku akan menanggung kesalahan itu, ya tuanku raja, tetapi raja dan takhtanya tak bersalah." 14:10 Lalu berkatalah raja: "Jika ada orang yang mengatakan apa-apa lagi terhadap engkau, bawalah orang itu menghadap aku, maka ia tidak akan mengusik engkau lagi." 14:11 Kata perempuan itu: "Kiranya raja ingat kepada TUHAN, Allahmu, supaya si penuntut tebusan darah jangan terlalu banyak menimbulkan kemusnahan dan supaya mereka jangan memunahkan anakku itu." Lalu berkatalah raja: "Demi TUHAN yang hidup -- sehelai rambutpun dari kepala anakmu itu takkan jatuh ke bumi!" 14:12 Kemudian berkatalah perempuan itu: "Izinkanlah hambamu ini berkata sepatah kata lagi kepada tuanku raja." Jawabnya: "Katakanlah." 14:13 Berkatalah perempuan itu: "Mengapa raja merancang hal yang demikian terhadap umat Allah? Oleh karena tuanku mengucapkan perkataan ini, maka tuanku sendirilah yang bersalah dengan tidak mengizinkan pulang orang yang telah dibuangnya. 14:14 Sebab kita pasti mati, kita seperti air yang tercurah ke bumi, yang tidak terkumpulkan. Tetapi Allah tidak mengambil nyawa orang, melainkan Ia merancang supaya seorang yang terbuang jangan tinggal terbuang dari pada-Nya. 14:15 Maka sekarang, aku datang mengatakan perkataan ini kepada tuanku raja karena orang banyak itu telah menakut-nakuti aku. Sebab itu pikir hambamu ini: baiklah aku berbicara dahulu dengan raja, mungkin raja mengabulkan permohonan hambanya ini; 14:16 sebab raja akan mendengarkan aku dan akan melepaskan hambanya ini dari tangan orang yang hendak memunahkan aku dan anakku bersama-sama dari milik pusaka Allah. 14:17 Juga hambamu ini berpikir: perkataan tuanku raja tentulah akan menenangkan hati, sebab seperti malaikat Allah, demikianlah tuanku raja, yang dapat membeda-bedakan apa yang baik dan jahat. Dan TUHAN, Allahmu, kiranya menyertai tuanku." 14:18 Lalu raja menjawab, katanya kepada perempuan itu: "Baiklah jangan sembunyikan kepadaku apa yang hendak kutanyakan kepadamu." Kata perempuan itu: "Berkatalah kiranya tuanku raja!" 14:19 Kemudian bertanyalah raja: "Adakah Yoab campur tangan dengan engkau dalam semuanya ini?" Perempuan itu menjawab: "Demi hidupmu, tuanku raja, tidaklah mungkin untuk menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala yang tuanku raja katakan. Sesungguhnya hambamu Yoab yang memerintahkan daku; dialah yang menaruh ke dalam mulut hambamu segala perkataan ini. 14:20 Dengan maksud untuk mengubah rupa perkara itu maka hambamu Yoab melakukan perkara ini. Tetapi tuanku bijaksana sama seperti malaikat Allah, sehingga mengetahui semua yang terjadi di bumi." 14:21 Sesudah itu berkatalah raja kepada Yoab: "Baik, kukabulkan permohonan ini. Pergilah, bawalah kembali orang muda Absalom itu." 14:22 Lalu sujudlah Yoab dengan mukanya ke tanah dan menyembah sambil memohon berkat bagi raja. Dan Yoab berkata: "Pada hari ini hambamu mengetahui bahwa tuanku raja suka kepada hamba, karena tuanku telah mengabulkan permohonan hambamu ini." 14:23 Lalu bangunlah Yoab, ia pergi ke Gesur dan membawa Absalom ke Yerusalem. 14:24 Tetapi berkatalah raja: "Ia harus pergi ke rumahnya sendiri, jangan ia datang ke hadapanku." Jadi pergilah Absalom ke rumahnya sendiri dan tidak datang ke hadapan raja. 14:25 Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya. 14:26 Apabila ia mencukur rambutnya -- pada akhir tiap-tiap tahun ia mencukurnya karena menjadi terlalu berat baginya -- maka ditimbangnya rambutnya itu, dua ratus syikal beratnya, menurut batu timbangan raja. 14:27 Bagi Absalom lahir tiga orang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, yang bernama Tamar. Ia seorang perempuan yang cantik. 14:28 Setelah Absalom diam di Yerusalem genap dua tahun lamanya, dengan tidak datang ke hadapan raja, 14:29 maka Absalom menyuruh memanggil Yoab untuk diutus kepada raja. Tetapi ia tidak mau datang kepadanya. Kemudian disuruhnya memanggil dia lagi, untuk kedua kalinya, tetapi ia tidak mau datang. 14:30 Lalu berkatalah ia kepada hamba-hambanya: "Lihat, ladang Yoab ada di sisi ladangku dan di sana ada jelainya. Pergilah, bakarlah itu." Maka hamba-hamba Absalom membakar ladang itu. 14:31 Lalu Yoab pergi mendapatkan Absalom ke rumahnya, dan bertanya kepadanya: "Mengapa hamba-hambamu membakar ladang kepunyaanku itu?" 14:32 Jawab Absalom kepada Yoab: "Ya, aku telah menyuruh orang kepadamu mengatakan: datanglah ke mari, supaya aku mengutus engkau kepada raja untuk mengatakan: apa gunanya aku datang dari Gesur? Lebih baik aku masih tinggal di sana. Maka sekarang, aku mau datang ke hadapan raja. Jika aku bersalah, biarlah ia menghukum aku mati." 14:33 Kemudian masuklah Yoab menghadap raja dan memberitahukan hal itu kepadanya. Raja memanggil Absalom, dan ia masuk menghadap raja, lalu sujud ke hadapan raja dengan mukanya ke tanah; lalu raja mencium Absalom.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Absalom the son of David and Maacah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Gesur a town and nation
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Tamar the daughter-in-law of Judah; the mother of Judah's sons Perez and Zerah; an ancestor of Jesus,daughter-in-law to Judah; mother of Zerah and Perez,daughter of King David,daughter of Absalom,a town of Judah 60 km SE of Beersheba & 35 km SSW of the Dead Sea
 · Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yoab son of Asaph; record keeper of King Hezekiah,son of Zimmah one of the Levites of Gershon whom, along with his son Eden, King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,son of Obed-Edom; a Levite gatekeeper whose descendants returned from exile,son of Joahaz; record keeper of King Josiah
 · Zeruya daughter of Jesse; sister of David; mother of Abishai, Asahel and Joab


Topik/Tema Kamus: Absalom | Daud | Samuel | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Yoab | Umpama, Perumpamaan | Janda | Bujuk, Bujukan | Raja | Rambut | Malaikat | Orang Mati | Timbang, Timbangan | Urap, Pengurapan | Hidup | Hamba | Tekoa | Tamar | Syikal | Air | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: 2Sam 14:14 - -- Kemungkinan besar artinya: "Allah pun ... pulang lagi."

Kemungkinan besar artinya: "Allah pun ... pulang lagi."

BIS: 2Sam 14:17 - dapat membedakan apa yang baik dan apa yang jahat dapat membedakan apa yang baik dan apa yang jahat; atau tahu segala-galanya.

dapat membedakan apa yang baik dan apa yang jahat; atau tahu segala-galanya.

BIS: 2Sam 14:19 - tidak mungkin ... pertanyaan Tuanku tidak mungkin ... pertanyaan Tuanku, atau Tuanku sungguh-sungguh benar.

tidak mungkin ... pertanyaan Tuanku, atau Tuanku sungguh-sungguh benar.

Jerusalem: 2Sam 9:1--20:22 - -- Bab 9-20 yang diteruskan dalam 1Ra 1-2 berasal dari sebuah kisah indah yang dipakai oleh penyusun kitab Samuel dengan tidak banyak mengolahnya. Nubuat...

Bab 9-20 yang diteruskan dalam 1Ra 1-2 berasal dari sebuah kisah indah yang dipakai oleh penyusun kitab Samuel dengan tidak banyak mengolahnya. Nubuat Natan, bab 7, barangkali berperan sebagai kata pendahuluan kisah itu. Diceriterakan bagaimana jabatan raja dari Daud beralih kepada Salomo, meskipun masih ada keturunan Saul, yaitu Meribaal, bab 9 dan meskipun ada perlawanan dari pihak Seba, bab 20 dan kendati hal ihwal keluarga raja yang menyedihkan, yakni: zinah Daud dengan Batsyeba dan kelahiran Salomo, bab 10-12, pembunuhan atas diri Amnon, bab 13, pemberontakan Absalom, bab 15-18, dan persekongkolan Adonia, 1Ra 1-2.

Jerusalem: 2Sam 13:1--20:22 - -- Dalam drama keluarga Daud ini Absalomlah yang menjadi pelaku utama. Ia membunuh kakaknya, Amnon dan memberontak terhadap ayahnya. Drama keluarga itupu...

Dalam drama keluarga Daud ini Absalomlah yang menjadi pelaku utama. Ia membunuh kakaknya, Amnon dan memberontak terhadap ayahnya. Drama keluarga itupun menyebabkan serangkaian kemelut politik yang memperlihatkan keterangan yang ada dalam kerajaan Daud dan yang membahayakan masa depan kerajaan itu.

Jerusalem: 2Sam 14:2 - Tekoa Ialah kota asal nabi Amos, yang terletak 18 km di sebelah selatan Yerusalem.

Ialah kota asal nabi Amos, yang terletak 18 km di sebelah selatan Yerusalem.

Jerusalem: 2Sam 14:3 - ke dalam mulut perempuan itu Sama seperti nabi Natan, 2Sa 12:1 dst, Yoab pura-pura mengajukan sebuah perkara ketidakadilan dengan maksud memaksa Daud mengambil keputusan melawan d...

Sama seperti nabi Natan, 2Sa 12:1 dst, Yoab pura-pura mengajukan sebuah perkara ketidakadilan dengan maksud memaksa Daud mengambil keputusan melawan dirinya sendiri.

Jerusalem: 2Sam 14:7 - Serahkanlah orang... Bdk Bil 35:19+.

Bdk Bil 35:19+.

Jerusalem: 2Sam 14:14 - melainkan Ia... Dalam terjemahan Yunani terbaca: !!,maka hendaklah raja...

Dalam terjemahan Yunani terbaca: !!,maka hendaklah raja...

Jerusalem: 2Sam 14:15 - Maka sekarang.... Perempuan itu sudah mengetrapkan ceriteranya pada Absalom, 2Sa 14:12-14, dan membuka mata Daud. Sekarang ceriteranya diteruskan. 2Sa 14:17 mengenai ba...

Perempuan itu sudah mengetrapkan ceriteranya pada Absalom, 2Sa 14:12-14, dan membuka mata Daud. Sekarang ceriteranya diteruskan. 2Sa 14:17 mengenai baik perkara yang diceriterakan maupun Absalom.

Jerusalem: 2Sam 14:17 - malaikat Allah Dalam nas-nas tua, bdk Kej 16:7+. Malaikat Allah (TUHAN) ialah Allah sendiri yang memperlihatkan diri kepada manusia. Perempuan itu mengatakan bahwa D...

Dalam nas-nas tua, bdk Kej 16:7+. Malaikat Allah (TUHAN) ialah Allah sendiri yang memperlihatkan diri kepada manusia. Perempuan itu mengatakan bahwa Daud mempunyai hikmat ilahi, bdk 2Sa 14:20

Jerusalem: 2Sam 14:17 - apa yang baik dan apa yang jahat Artinya: segala sesuatunya, bdk 2Sa 13:22. Daud mengerti segala-galanya.

Artinya: segala sesuatunya, bdk 2Sa 13:22. Daud mengerti segala-galanya.

Jerusalem: 2Sam 14:25-27 - -- Ayat-ayat ini memutuskan jalannya ceritera dan berasal dari sumber lain.

Ayat-ayat ini memutuskan jalannya ceritera dan berasal dari sumber lain.

Ende: 2Sam 14:7 - -- Marga itu mau mengenakan kisas pada si pembunuh. Bara adalah ibarat untuk keturunan.

Marga itu mau mengenakan kisas pada si pembunuh. Bara adalah ibarat untuk keturunan.

Ende: 2Sam 14:9 - -- Maknanja: Bila radja takut2, bahwa tindakannja akan mendjadi kesalahan bagi dirinja sendiri, maka kesalahan itu tidak akan menimpa radja dan keluargan...

Maknanja: Bila radja takut2, bahwa tindakannja akan mendjadi kesalahan bagi dirinja sendiri, maka kesalahan itu tidak akan menimpa radja dan keluarganja: melainkan wanita serta pamilinja sadja.

Ende: 2Sam 14:12-14 - -- Wanita itu disini memberi keterangan untuk tjeriteranja, jang merupakan perumpamaan. Djanda itu adalah umat Israil dan kedua anaknja ialah putera radj...

Wanita itu disini memberi keterangan untuk tjeriteranja, jang merupakan perumpamaan. Djanda itu adalah umat Israil dan kedua anaknja ialah putera radja, Amnon dan Absjalom. Si penebus darah ialah radja sendiri, jang dengan mau menghukum Absjalom mengambil harapan umat (Absjalom adalah putera mahkota!)

Ende: 2Sam 14:14 - -- Maknanja pepatah ini tidak amat terang.

Maknanja pepatah ini tidak amat terang.

Ende: 2Sam 14:14 - Kehidupan.....dst Terdjemahan ini tidak pasti. Maknanja: Oleh sebab Allah sendiri mau mengembalikan Absjalom, maka Ia tidak akan mengenai Dawud, bila radja tidak menghu...

Terdjemahan ini tidak pasti. Maknanja: Oleh sebab Allah sendiri mau mengembalikan Absjalom, maka Ia tidak akan mengenai Dawud, bila radja tidak menghukum Absjalom.

Ende: 2Sam 14:16 - pusaka Allah ialah Israil dan negerinja.

ialah Israil dan negerinja.

Ende: 2Sam 14:26 - -- Apa "mata timbangan radja" itu, tidak diketahui. Duaratus misjkal adalah 30 kilo, sedikit terlalu!

Apa "mata timbangan radja" itu, tidak diketahui. Duaratus misjkal adalah 30 kilo, sedikit terlalu!

Ende: 2Sam 14:33 - -- Tjiuman adalah tanda perdamaian.

Tjiuman adalah tanda perdamaian.

Endetn: 2Sam 14:4 - menghadap diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mengatakan".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mengatakan".

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:1 - Ketika Yoab · Ketika Yoab: 2Sam 2:18; 2Sam 2:18

· Ketika Yoab: 2Sam 2:18; [Lihat FULL. 2Sam 2:18]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:2 - ke Tekoa // yang bijaksana // dengan minyak · ke Tekoa: Neh 3:5; Yer 6:1; Am 1:1 · yang bijaksana: 2Sam 20:16 · dengan minyak: Rut 3:3; Rut 3:3; Yes 1:6; Yes 1:6

· ke Tekoa: Neh 3:5; Yer 6:1; Am 1:1

· yang bijaksana: 2Sam 20:16

· dengan minyak: Rut 3:3; [Lihat FULL. Rut 3:3]; Yes 1:6; [Lihat FULL. Yes 1:6]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:3 - lalu Yoab · lalu Yoab: 2Sam 14:19

· lalu Yoab: 2Sam 14:19

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:7 - dia mati // ahli waris // masih tersisa · dia mati: Bil 35:19 · ahli waris: Mat 21:38 · masih tersisa: Ul 19:10-13

· dia mati: Bil 35:19

· ahli waris: Mat 21:38

· masih tersisa: Ul 19:10-13

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:8 - ke rumahmu · ke rumahmu: 1Sam 25:35

· ke rumahmu: 1Sam 25:35

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:9 - dan keluargaku // menanggung kesalahan // tak bersalah · dan keluargaku: Mat 27:25 · menanggung kesalahan: 1Sam 25:24 · tak bersalah: 1Sam 25:28

· dan keluargaku: Mat 27:25

· menanggung kesalahan: 1Sam 25:24

· tak bersalah: 1Sam 25:28

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:11 - si penuntut // sehelai rambutpun // ke bumi · si penuntut: Bil 35:12,21; Bil 35:12; Bil 35:21 · sehelai rambutpun: Mat 10:30; Mat 10:30 · ke bumi: 1Sam 14:45; 1Sam 14:45

· si penuntut: Bil 35:12,21; [Lihat FULL. Bil 35:12]; [Lihat FULL. Bil 35:21]

· sehelai rambutpun: Mat 10:30; [Lihat FULL. Mat 10:30]

· ke bumi: 1Sam 14:45; [Lihat FULL. 1Sam 14:45]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:13 - yang bersalah // pulang orang · yang bersalah: 2Sam 12:7; 2Sam 12:7; 1Raj 20:40 · pulang orang: 2Sam 13:38-39

· yang bersalah: 2Sam 12:7; [Lihat FULL. 2Sam 12:7]; 1Raj 20:40

· pulang orang: 2Sam 13:38-39

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:14 - pasti mati // seperti air // supaya seorang · pasti mati: Ayub 10:8; 17:13; 30:23; Mazm 22:16; Ibr 9:27 · seperti air: Ayub 14:11; Mazm 58:8; Yes 19:5 · supaya seorang: Bil ...

· pasti mati: Ayub 10:8; 17:13; 30:23; Mazm 22:16; Ibr 9:27

· seperti air: Ayub 14:11; Mazm 58:8; Yes 19:5

· supaya seorang: Bil 35:15,25-28

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:16 - milik pusaka · milik pusaka: Kel 34:9; Kel 34:9; 1Sam 26:19; 1Sam 26:19

· milik pusaka: Kel 34:9; [Lihat FULL. Kel 34:9]; 1Sam 26:19; [Lihat FULL. 1Sam 26:19]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:17 - seperti malaikat // dapat membeda-bedakan · seperti malaikat: 1Sam 29:9; 1Sam 29:9 · dapat membeda-bedakan: 1Raj 3:9; Dan 2:21

· seperti malaikat: 1Sam 29:9; [Lihat FULL. 1Sam 29:9]

· dapat membeda-bedakan: 1Raj 3:9; Dan 2:21

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:19 - Adakah Yoab · Adakah Yoab: 2Sam 14:3

· Adakah Yoab: 2Sam 14:3

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:20 - tuanku bijaksana // di bumi · tuanku bijaksana: 1Raj 3:12,28; 10:23-24; Yes 28:6 · di bumi: 2Sam 18:13

· tuanku bijaksana: 1Raj 3:12,28; 10:23-24; Yes 28:6

· di bumi: 2Sam 18:13

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:22 - bagi raja · bagi raja: Kej 47:7; Kej 47:7

· bagi raja: Kej 47:7; [Lihat FULL. Kej 47:7]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:26 - mencukur rambutnya · mencukur rambutnya: 2Sam 18:9

· mencukur rambutnya: 2Sam 18:9

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:27 - anak laki-laki // bernama Tamar · anak laki-laki: 2Sam 18:18 · bernama Tamar: 2Sam 13:1; 2Sam 13:1

· anak laki-laki: 2Sam 18:18

· bernama Tamar: 2Sam 13:1; [Lihat FULL. 2Sam 13:1]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:30 - ada jelainya · ada jelainya: Kel 9:31; Kel 9:31

· ada jelainya: Kel 9:31; [Lihat FULL. Kel 9:31]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:31 - hamba-hambamu membakar · hamba-hambamu membakar: Hak 15:5; Hak 15:5

· hamba-hambamu membakar: Hak 15:5; [Lihat FULL. Hak 15:5]

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:32 - dari Gesur // aku mati · dari Gesur: 2Sam 3:3; 2Sam 3:3 · aku mati: 1Sam 20:8

· dari Gesur: 2Sam 3:3; [Lihat FULL. 2Sam 3:3]

· aku mati: 1Sam 20:8

Ref. Silang FULL: 2Sam 14:33 - raja mencium · raja mencium: Luk 15:20

· raja mencium: Luk 15:20

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Sam 14:1-20 - Siasat Yoab untuk Membela Absalom; Akal Bulus Yoab Bagaimana Absalom membuat dirinya sendiri terlempar keluar dari perlindungan dan perkenanan ayahnya yang adalah raja, sudah kita baca dalam pasal s...

Matthew Henry: 2Sam 14:21-27 - Absalom Dipanggil Pulang Absalom Dipanggil Pulang (14:21-27) Amatilah di sini, I. Perintah diberikan untuk membawa pulang Absalom. Keperluan yang dimiliki perempuan ...

Matthew Henry: 2Sam 14:28-33 - Kembalinya Absalom Kembalinya Absalom (14:28-33) Tiga tahun lamanya Absalom telah diasingkan dari ayahnya, dan sekarang dua tahun menjadi tahanan di rumahnya sendiri,...

SH: 2Sam 14:1-17 - Yang pergi. (Selasa, 30 Juni 1998) Yang pergi. Absalom yang pergi meninggalkan kaum keluarganya karena takut, tentulah rindu untuk kembali. Tak ada orang yang dapat hidup dengan tenang...

SH: 2Sam 14:1-24 - Ampuni dan terimalah kembali (Selasa, 28 September 2010) Ampuni dan terimalah kembali "Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalah", demikian pepatah yang menggambarkan luasnya kasih ibu, atau...

SH: 2Sam 14:1-33 - Relasi dan rekonsiliasi (Sabtu, 28 Juni 2014) Relasi dan rekonsiliasi Sebagaimana hubungan lainnya, hubungan ayah-anak tidak selalu berjalan baik. Banyak benih-benih konflik di dalam hubungan itu...

SH: 2Sam 14:1-33 - Air Susu Dibalas dengan Air Tuba (Rabu, 12 Februari 2020) Air Susu Dibalas dengan Air Tuba Air susu dibalas dengan air tuba. Artinya perbuatan baik seseorang dibalas dengan perbuatan jahat. Itulah tindakan A...

SH: 2Sam 14:18-33 - Sebab akibat. (Rabu, 01 Juli 1998) Sebab akibat. Dalam peraturan yang ditetapkan di Israel, salah satunya adalah hukum yang mengatur tentang tindakan balas dendam terhadap pembunuh (Bi...

SH: 2Sam 14:25-33 - Berani bereskan masalah (Rabu, 29 September 2010) Berani bereskan masalah Seorang mantan narapidana merasa enggan untuk datang lagi ke gereja pada hari Minggu, berikutnya, karena pada hari Minggu, ...

Topik Teologia: 2Sam 14:14 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Jiwa Manusia Jiwa sebagai Prinsipal Hidup (Nafas, Hidup, ...

Topik Teologia: 2Sam 14:17 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: 2Sam 14:20 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Pemerintahan Daud Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Karena Kitab 1 dan 2 Sa...

Full Life: 2 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Keberhasilan Daud yang Luar Biasa Sebagai Raja (2Sam 1:1-10:19) A. Keberhasilan Politik Daud ...

Matthew Henry: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Kitab ini berkisah tentang riwayat pemerintahan raja Daud. Di dalam kitab sebelumnya, kita telah membaca mengenai ditetapkannya Daud untuk memerint...

Ende: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

BIS: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) II SAMUEL PENGANTAR Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di seb

II SAMUEL

PENGANTAR

Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di sebelah selatan Palestina (pasal 1-4 2Sam 1:1-4:12), kemudian atas seluruh negeri, termasuk Israel di sebelah utara (pasal 5-24 2Sam 5:1-24:25). Dalam buku ini diceritakan dengan jelas dan menarik bagaimana Daud berusaha memperluas dan mengukuhkan kedudukannya. Ia harus berperang melawan musuh-musuhnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Daud digambarkan sebagai orang yang sangat beriman, taat dan setia kepada Allah, juga sebagai orang yang mampu memperoleh kesetiaan rakyatnya. Tetapi ia digambarkan juga sebagai orang yang dapat bertindak kejam, dan yang tidak segera melakukan dosa-dosa besar semata-mata untuk memenuhi keinginannya dan cita-citanya. Tetapi ketika ia dihadapkan kepada dosa-dosanya oleh Natan, nabi Allah, Daud mengakui dosa-dosanya itu dan dengan rela menerima hukuman dari Allah.

Hidup dan prestasi Daud sangat dikagumi oleh rakyat Israel. Di zaman-zaman kemudian, bilamana ada musibah nasional, dan rakyat merindukan seorang raja, maka yang diinginkan ialah seorang "putra Daud". Artinya, seorang keturunan Daud yang akan bertindak seperti dia.

Isi

  1.  Pemerintahan Daud atas Yehuda
    2Sam 1:1-4:12
  2.  Pemerintahan Daud atas seluruh Israel
    2Sam 5:1-24:25
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Sam 5:1-10:19
    2. b. Daud dan Batsyeba
      2Sam 11:1-12:25
    3. c. Musibah dan kesulitan-kesulitan
      2Sam 12:26-20:26
    4. d. Tahun-tahun kemudian
      2Sam 21:1-24:25

Ajaran: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Lihat I Samuel 07097. Pendahuluan Penulis : Samuel. Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan

Tujuan

Lihat I Samuel 07097.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan Israel di bawah pemerintahan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Samuel

  1. Pasal 1-10 (2Sam 1:1-10:19).

    Kemenangan-kemenangan Raja Daud

    Ketika Daud mendengar berita kematian Saul, ia sangat sedih sekali. Kemudian bangsa Yehuda mengakui dia sebagai raja, sedang keluarga Saul mengangkat Isyboset sebagai raja sehingga terjadi perang antara keluarga Saul dan keluarga Daud, tetapi karena Tuhan berkenan akan Daud maka Daud menang dan menjadi raja atas seluruh Israel (pasal 2Sam 5:1-12). Kemudian, nabi Natan menyampaikan janji Tuhan kepada Daud bahwa Allah menjadikan kerajaannya sebagai kerajaan yang kekal dan anak Daud akan mendirikan Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Sam 1:11-16. Apakah sebabnya Daud sedih? Dan apakah sebabnya Daud tidak mau melawan Saul?
    2. Bacalah pasal 2Sam 8:15. Bagaimanakah pemerintahannya Daud?
  2. Pasal 11-20 (2Sam 11:1-20:26).

    Kesusahan-kesusahan Raja Daud Daud berbuat dosa yaitu berzinah dengan Betsyeba dan membunuh Uria, suami Betsyeba itu, akibatnya nabi Natan menegur Daud dan mulai terjadi kekacauan dalam istana Daud.

    Pendalaman

    1. Apakah tanggapan Daud sebagai raja ketika ia ditegu karena perbuatan dosanya (2Sam 12:9-14)? Dan apakah akibat dosa itu?
    2. Apakah kesusahan demi kesusahan yang datang dalam keluarg Daud disebabkan dosanya membunuh Uria dan berzinah denga istri Uria?
  3. Pasal 21-24 (2Sam 21:1-24:25).

    Keterangan akhir Pasal 21-22; 2Sam 21:1-22:51mengenai nasib anak-anak Saul dan peperangan antara bangsa Filistin dan Israel serta Mazmur karangan Daud. Pasal 23; 2Sam 23:1-39kata-kata terakhir dari Daud dan akhirnya pasal 24; 2Sam 24:1-25tentang gambaran hukum Tuhan terhadap Daud.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah memilih Daud menjadi raja bukan karena ketampanan, ata kegagahannya, tetapi karena ketulusan hatinya kepada Allah.
  2. Melalui kejatuhan Daud ke dalam dosa, mengajarkan bahwa Allah mengampun dosa orang yang mau bertobat. Tetapi akibat dosa itu sendiri harus teta diterima seseorang yang hidup di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Mengapa Allah memilih Daud untuk menggantikan Saul?
  2. Apakah kesan yang saudara dapati dari mempelajari kehidupan Daud?
  3. Apakah akibat dosa yang Daud perbuat?

Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Keluarga Daud GARIS KETURUNAN DAUDII Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagala

Keluarga Daud

GARIS KETURUNAN DAUD
II Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagalan dan dosa-dosa Daud, khususnya mengenai liku-liku dan perjuangan hidup yang harus dialaminya. Namun, terselip dalam kisah ini suatu janji yang kemudian digenapi di dalam Kristus. Daud bukan saja pilihan Allah pada waktu itu; dia menjadi awal garis keluarga yang akan membawa kepada Sang Penebus sendiri.

MUSUH-MUSUH DAUD
Daud mempunyai karunia besar untuk menjadi pemimpin pasukan militer. Dia menarik "orang-orang perkasa" yang kegagahannya menjadi legenda di zaman mereka. Pada saat ia sudah menguasai seluruh bangsa Israel, ia mengkonsolidasikan kerajaannya dengan mengalahkan negara-negara tetangga yang susah dikendalikan dengan melancarkan serangkaian serangan (2Sa 8:1-14; 10:1-9; 11:1; 12:26-31). Tindakan ini melindungi daerah kekuasaannya dari serangan musuh dan memberinya kekuasaan atas daerah yang lebih luas daripada yang pernah ada sebelumnya.

PEMERINTAHAN DAUD
Sekali-sekali kita membaca siapa yang berkuasa dalam pemerintahan Raja Daud (2Sa 8:15-18; 20:23-26). Kemampuan Absalom untuk menimbulkan ketidakpuasan rakyat (2Sa 15:1-6) menunjukkan bahwa Daud bukanlah orang yang dapat memerintah dengan baik. Walaupun Daud dapat mendorong timbulnya kesetiaan yang sungguh-sungguh, tetapi kenyataan bahwa Absalom dapat menimbulkan perang saudara berarti ada kemungkinan bahwa pada waktu raja mulai tua, ia kehilangan kontrol dalam banyak hal. Sensus yang diadakannya dianggap sebagai suatu kekeliruan sebab hal itu boleh jadi dihubungkan dengan rencana kerja paksa (2Sa 24:1-10), sesuatu yang kemudian dieksploitasi secara kejam oleh anaknya, Salomo.

MASALAH RUMAH TANGGA DAUD
Poligami tidak dilarang dalam Perjanjian Lama, tetapi kisah kehidupan rumah tangga Daud menunjukkan kejelekan-kejelekannya. Pada masa itu mempunyai banyak istri dan gundik serta keluarga besar merupakan simbol status. Namun, keluarga semacam itu dapat menimbulkan bahaya. Setiap anak merupakan calon pewaris takhta, dan jika anak itu keras kepala, ia menjadi ancaman bagi sang ayah. Di samping itu, Daud bukanlah orang-tua yang terbaik. Dia gagal mendisiplin anak-anaknya dan sebagai akibatnya ia harus menanggung derita.

Pesan

1. Kesetiaan Daud.
o Daud digambarkan sebagai orang yang dilindungi dan dipatuhi oleh pasukannya yang rela mengorbankan jiwa bilamana diperlukan. Dia betul-betul adil dalam mengambil keputusan dan selalu ingin melakukan yang terbaik dalam setiap keadaan. Ia akan menghukum orang bersalah dan memberi anugerah kepada yang berhak menerimanya. Di samping itu, ia dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain dan mengerti kesedihan mereka. 2Sa 1:11-27; 3:36; 4:9-12; 15:21; 18:3; 23:13-17.
Apa yang dilakukannya terhadap Mefiboset, anak Saul, yang dapat menjadi musuhnya dan yang oleh rezim lain mungkin sudah dibinasakan, mencerminkan kemurahan Allah terhadap kita. 2Sa 9:1-13
o Daud semata-mata percaya kepada Allah dan bergantung kepada-Nya, dan ini merupakan kunci dari semua keberhasilan yang ia peroleh. Daud selalu berdoa dan memohon pimpinan Tuhan. Selain itu, kita juga melihat bahwa ia secara terbuka menaikkan puji-pujian dan menunjukkan sukacitanya di dalam Tuhan tanpa mempedulikan apa yang akan dikatakan orang lain mengenai dirinya. Daud adalah seorang yang penuh terima kasih, yang selalu menyatakan dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dengan bebas sambil bersaksi bahwa dia adalah dia oleh karena anugerah Allah. 2Sa 2:1; 5:19,23-25; 6:14-23; 15:31; 21:1; 22:1-51.
o Daud mau menerima kelemahan-kelemahannya sendiri dengan rendah hati. Bahkan, pada waktu ia bersalah ia segera menyesali kesalahannya dan meluruskan hubungannya dengan Allah, menerima hukuman Allah tanpa mengeluh. 2Sa 12:13, 15-23; 15:25,26; 16:10-12; 24:10,14,24.

2. Kesalahan-kesalahan Daud.
o Kendati ia adil, Daud sering menemukan kesukaran dalam mendisiplin orang lain. Ia membiarkan Yoab secara terang-terangan melakukan pembunuhan. Ia membiarkan perkosaan Amnon terhadap saudara perempuannya, dan ia berlaku lunak terhadap Absalom sampai tampak seperti orang kehilangan akal. 2Sa 3:28,29; 13:21, 23-39; 18:4,5,32,33; 19:1-4.
o Ia menyerah pada godaan, menyalahgunakan wewenangnya seperti apa yang mungkin dilakukan oleh raja kafir pada masa itu. Lebih dari itu, sebagai usaha untuk menutupi perzinahannya dengan Batyeba ia malah menambah dosanya dengan pembunuhan. 2Sa 11:1-27.
o Ia melalaikan kewajibannya dan membiarkan segala sesuatu mengalami kemerosotan, sehingga ia membuka dirinya terhadap kecaman pedas. 2Sa 15:1-4.

Penerapan

1. Allah memberi kemakmuran dan perlindungan
Mereka yang percaya kepada Allah dan mencari kehendak Allah dalam hidup mereka boleh menyerahkan segala masalah mereka kepada-Nya. Ia siap untuk memberi petunjuk dan menjadi tempat berlindung di kala susah dan memimpin umat-Nya "ke tempat yang lebih lapang". Rencana-Nya mungkin memakan waktu lama sebelum menjadi kenyataan, tetapi Ia telah berjanji akan menyertai kita sampai pada akhirnya.

2. Kita semua rawan terhadap pencobaan
Sifat manusia masih sama sejak dulu hingga kini. Setan menggoda kita melalui apa yang kita lihat dan rasakan, tetapi ini tidak berarti bahwa kita harus menyerah. Kita harus ingat akan kewajiban kita terhadap Allah dan taat kepada-Nya, daripada menyerah pada keinginan diri sendiri.

3. Bagaimana halnya dengan keluarga kita
Tidak ada gunanya sukses dalam masyarakat jika kehidupan keluarga kita tidak berkenan kepada Allah. Tempat pertama kita membuktikan kasih-Nya adalah di dalam rumah sendiri dan dalam hubungan kekeluargaan. Kasih yang sejati berarti disiplin dan ketaatan. Dengan demikian orang tua adalah ayah dan ibu yang sejati bagi anak-anak mereka, dan anak-anak adalah putra dan putri yang sejati bagi orang tua.

4. Meluruskan hubungan dengan Allah
Pada waktu kita berdosa dan sadar akan kebodohan kita, tidak ada gunanya untuk menutupi jejak kita. Yang harus kita lakukan ialah mengakui kesalahan kita dan memohon pengampunan serta menerima hukuman apa pun yang akan dikirimkan Allah kepada kita. Dalam hal ini perlu juga kita ingat bahwa segala sukses dan kemenangan yang telah kita capai bukan merupakan jaminan untuk tidak dapat gagal di masa yang akan datang. Usia bukanlah jaminan terhadap segala cobaan. Kenyataannya, usia malah dapat membawa godaan-godaan baru.

Tema-tema Kunci

1. Anak Daud
Perjanjian Allah dengan Daud, yang kita sebut "perjanjian Daud", ialah bahwa semua raja Israel akan dilahirkan dari keturunannya (2Sa 7:11-16; 23:5). Berdasarkan hal ini, maka bangsa Yahudi pada masa Yesus mencari-cari seorang Penebus -- yaitu "yang diurapi" -- yang akan menggenapi semua gambaran yang ideal mengenai seorang raja sebagai keturunan Daud. Lihatlah bagaimana hal ini digenapi dalam Perjanjian Baru. Mat 1:1,17; Luk 1:32,33,69; Mar 10:47,48; Mat 9:27; 15:22; 21:9; Mar 11:10; Mat 22:41-45; Kis 13:22,23; Rom 1:3; Wah 3:7; 5:5; 22:16.

2. Allah Daud
Daud berhutang atas segala sesuatu yang dimilikinya kepada Allah, yang sifat-sifat-Nya menyinari seluruh pasal dalam kitab ini dalam berbagai cara. Perhatikan secara khusus mengenai ungkapan yang berbeda-beda tentang kesucian Allah (2Sa 6:6,7; 12:1-14; 24:1), dan bacalah semua pasal tersebut, yang sebagian besar isinya bercerita tentang Dia (2Sa 7:5-29; 22:1-23:7). Tulislah dengan cara bagaimana Allah digambarkan dan bagaimana seharusnya tanggapan kita terhadap-Nya.

3. Pengkhianatan
Terdapat banyak hal tentang sifat jahat manusia dalam buku ini. Perhatikan bagaimana pasukan, keluarga dan bawahan Daud ini, semuanya telah mengecewakan dia, menunjukkan sifat terburuk manusia. Mungkin dikarenakan banyak kali Daud tidak tahu siapa yang dapat dipercayainya, yang membuat ia memupuk iman sedemikian rupa kepada Allah yang sepenuhnya dapat dipercaya (2Sa 7:28; 22:1-3, 26, 31, 32, 47).

Garis Besar Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27 2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga 2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa! [2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS

[1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27

2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga
2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa!

[2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS YEHUDA 2Sa 2:1-4:12

2Sa 2:1-7Sambutan di Hebron
2Sa 2:8-32Pertempuran yang membawa kepahitan
2Sa 3:1-39Yoab membalas dendam
2Sa 4:1-12Kematian tragis seorang raja yang lemah

[3] KERAJAAN DIPERSATUKAN 2Sa 5:1-9:13

2Sa 5:1-5 Raja atas seluruh Israel
2Sa 5:6-16Daud merebut Yerusalem
2Sa 5:17-25Pembalasan terhadap orang Filistin
2Sa 6:1-23Peti Perjanjian dibawa ke Yerusalem
2Sa 7:1-29Kasih Allah kepada Daud
2Sa 8:1-14Kemenangan di mana-mana
2Sa 8:15-18Sistem pemerintahan Israel
2Sa 9:1-13Kemurahan hati Daud

[4] KEMENANGAN DAN KEKALAHAN YANG MEMALUKAN 2Sa 10:1-12:31

2Sa 10:1-19Pelajaran bagi orang Amon
2Sa 11:1-27Daud kalah atas dirinya sendiri
2Sa 12:1-31Kenyataan bagi seorang raja

[5] PERANG SAUDARA 2Sa 13:1-20:26

2Sa 13:1-39Kebodohan Amnon dan pembalasan Absalom
2Sa 14:1-15:12Permulaan bencana
2Sa 15:13-16:14Daud terpaksa mengungsi
2Sa 16:15-17:29Taktik menunda-nunda
2Sa 18:1-19:43Absalom terbunuh; kekuasaan Daud dipulihkan
2Sa 20:1-26Pemberontakan Seba

[6] ORANG GIBEON DAN FILISTIN 2Sa 21:1-22

[7] KESAKSIAN DAUD 2Sa 22:1-23:7

2Sa 22:1-51Tuhan adalah gunung batuku
2Sa 23:1-7Apa sebenarnya arti pemerintahan

[8 ]PAHLAWAN-PAHLAWAN DAUD YANG PERKASA 2Sa 23:8-39

[9] DAUD MENGADAKAN SENSUS 2Sa 24:1-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.44 detik
dipersembahkan oleh YLSA